INSOMNIA

Tik-tok-tik-tok. Jarum jam terus berdetak. Sudah lewat tengah malam dan mata tidak mau diajak kerja sama; padahal besok pagi Anda harus menghadiri rapat penting. Tidur cukup adalah salah satu syarat agar tubuh tetap fit; itu sebabnya penyakit insomnia tidak boleh dianggap remeh. Ia dapat mengakibatkan berkurangnya produktivitas kerja di siang hari dan konsentrasi (awas, kecelakaan!).

Tidur bukanlah masalah remeh; filsuf Friedrich Nietsche sampai pernah membahasnya secara khusunya dalam Zarathustra, bukunya yang terkenal: “Hormati tidurmu dan berendah-hatilah padanya! Itulah yang pertama! Dan hindari orang-orang yang tidurnya resah serta terbangun di malam-malam… Engkau harus menemukan sepuluh kebenaran dalam sehari; kalau tidak engkau akan mencari kebenaran di malam-malam pula, sebab jiwamu masih kelaparan.”

Tips Hidup Sehat Bagi Penderita Penyakit Insomnia.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sulit tidur akibat penyakit insomnia, yaitu :

1. Hindari aktivitas yang melibatkan layar komputer/ TV/ radio sebelum tidur

Cahaya terang dari peralatan elektronik di rumah Anda dapat merangsang keaktifan mata. Suara keras dari pemutar musik juga dapat menganggu tidur Anda. Matikan semua peralatan elektronik satu jam sebelum jam tidur.

2. Lakukan kegiatan yang bersifat repetitif

Melakukan kegiatan yang bersifat repetitif seperti merajut, membuat tusuk silang atau membaca dapat memberi efek rileks pada pikiran hal ini baik bagi penderita penyakit insomnia. Kegiatan inilah yang akan membantu Anda tidur. Jika Anda bukan penggemar kerajinan tangan atau buku, minimal kegiatan ini bisa membuat Anda bosan dan mengantuk.

3. Redupkan/ matikan cahaya di kamar tidur

Saat tidur di ruangan gelap, tubuh Anda menghasilkan sebuah zat hormon bernama melatonin. Zat ini dapat menyeimbangkan pola tidur yang terganggu. Selain itu, melatonin juga dikenal mampu menangkal kanker, loh!

4. Lakukan olahraga secara teratur

Latihan fisik yang teratur seperti jogging dan senam terbukti membantu orang untuk lebih mudah tidur di malam hari, dan lebih lelap pula.

5. Hindari melakukan pekerjaan/ kegiatan lain di atas ranjang Anda

Pastikan ranjang Anda adalah tempat Anda tidur. Jangan bekerja, makan, atau melakukan aktivitas lain di atasnya. Dengan demikian, secara otomatis tubuh Anda akan mengasosiasikan ranjang Anda dengan tidur lelap. Keadaan ranjang dan kamar tidur harus Anda jaga agar bisa tidur lebih nyenyak dan pulas.

Terapi Untuk Penderita Penyakit Insomnia

Banyak terapi yang bisa ada lakukan untuk membebaskan diri dari penyakit insomnia. Berikut ini adalah 2 terapi yang bisa Anda lakukan, yaitu :

1. Relaksasi

Lakukan kegiatan yang bisa membuat seluruh indra Anda rileks; pijat refleksi, aroma terapi, musik klasik, dll. Biasanya kegiatan ini bersifat cocok-cocokkan alias beda untuk tiap orang. Mungkin ada yang lebih cocok dengan lulur creambath, ada yang lebih ampuh memakai musik Mozart. Cari tahu mana yang bekerja paling baik untuk membuat Anda rileks.

2. Atasi masalah psikologis

Menurut para pakar di Amerika, ¾ penyakit insomnia disebabkan oleh masalah psikologis. Umumnya orang yang sedang atau baru mengalami peristiwa traumatis sangat rentan akan insomnia. Jangan ragu untuk melakukan konseling dengan psikolog atau rohaniwan jika Anda tergolong dalam yang ¾ ini.

Jika langkah-langkah di atas tidak bekerja, maka sudah saatnya meminta pertolongan profesional. Temui psikiater Anda untuk resep obat tidur yang aman dan lakukan pemeriksaan kesehatan karena insomnia dapat terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius seperti diabetes dan gangguan tiroid.

Makanan Sehat Untuk Pencegahan Penyakit Insomnia

Menu makanan yang tidak sehat akan membuat penderita penyakit insomnia semakin sulit tidur. Tubuh yang kekurangan nutrisi tidak bisa bekerja secara normal akibat banyak organ tubuh yang mengalami gangguan. Bagi penderita insomnia, kekurangan nutirisi merupakan hal yang akan berakibat fatal pada dirinya.

Semua orang tahu bahwa makanan yang bergizi akan membuat pikiran menjadi lebih tenang, tentram dan damai. Nah, bagi penderita insomnia tentunya ada makanan-makanan yang mengandung nutrisi khusus bagi proses perawatan dan pengobatannya.

Berikut ini adalah 5 makanan sehat untuk mencegah penyakit insomnia, di antaranya yaitu :

1. Kacang almond

Kacang yang sering dijadikan selai kacang sebagai pendamping roti di pagi hari ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi otot dan syaraf dalam tubuh. Kandungan gizi kacang almond akan membuat tekanan darah dalam tubuh berkerja secara normal. Dengan keadaan tekanan darah yang normal maka tidur akan terasa lebih nyenyak dan Anda pun bisa lebih terjaga dari resiko penyakit insomnia.

Cobalah menambahkan 2 sendok selai kacang almond pada sarapan dan makan malam, ada bisa memadukannya dengan roti, telur rebus dan sayuran bergizi.

2. Pisang

Buah yang berwarna kuning cerah memiliki gizi yang luar biasa. Selain sebagai pendongkrak kalori ternyata pisang mengandung banyak magnesium dan potassium. Menurut ilm dunia kesehatan kedua zat ini sangat baik buat penderita insomnia, cara kerjanya yaitu dengan membuat otot dan syaraf lebih rileks. Selain itu pisang juga mengandung tryptophan yang dipercaya bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Pisang dapat dimakan kapan saja, di pagi hari Anda bisa memakan pisang dengan segelas susu, roti dan telur rebus. Anda tidak perlu nasi karena pisang sudah memberikan Anda banyak kalori. Pisang bisa Anda masukkan ke tas kuliah atau kerja, setiap ada kesempatan makanlah pisang yang Anda bawa, setelah jam kuliah atau sela-sela kerja. Dalam hal ini pisang menjadi snack sehat pencegah penyakit insomnia.

3. Segelas susu sapi segar

Segelas susu sapi segar mempunyai kandungan tryptophan dan calcium yang bisa membuat otot dan syaraf tubuh menjadi lebih sehat. Kalsium yang selama ini hanya dipercaya untuk kekuatan tulang ternyata memili fungsi lain yang berguna bagi manusia untuk mencegah insomnia. Menurut penelitian kalsium bisa membuat otak menjadi lebih tenang dan mengurangi beban stres. Manusia dewasa ini sangat mudah untuk stres, entah itu akibat dari pekerjaan, kuliah, pergaulan masyarakat, himpitan ekonomi dan lainnya. Segelas susu sapi setiap hari merupakan menu sehat bagi orang yang sering mengalami stres.

Menu sarapan dengan segelas susu sapi segar, nasi putih dan ikan laut akan memberikan Anda cukup energi dan nutrisi yang cukup untuk beraktifitas seharian. Dengan menu ini Anda juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tajam karena beban stres telah dikurangi oleh kalsium yang didapat dari susu. Pada malam hari segelas susu sapi segar akan membuat Anda cepat tertidur dan tidur pun menjadi lebih pulas.

4. Telur rebus

Penyakit insomnia bisa diakibatkan oleh kekurangan protein. Telur rebus adalah salah satu makanan denga protein tertinggi. Mungkin banyak orang yang lebih menyukai telur dadar dan telur mata sapi daripada telur rebus. Sebenarnya darisegi rasa memang telur rebus kalah enak namun Anda perlu tahu bahwa kandungan protein pada telur akan tetap tinggi bila dimasak dengan direbus. Telur yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang akan membuat protein menjadi berkurang banyak.

Telur rebus bisa menjadi pedamping roti atau nasi. Akan semakin nikmat bila Anda tambahkan kuah dari sup atau soto. Telur rebus akan semakin bermanfaat ketika dimakan sebelum tidur. Selain membuat tidur semakin nyenyak, Anda juga akan tertidur dengan waktu yang lama.

5. Ikan

Tidak ada yang meragukan manfaat ikan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari otot, otak, kulit, rambut dan bagian tubuh lainnya. Ada beberapa jenis ikan yang mengandung kandungan gizi yang baik buat yang susah tidur, ikan-ikan itu adalah tuna, lele, cod dan halibut. Anda harus memastikan ikan yang dijadikan menu makanan itu adalah ikan yang segar dan sehat.

Kita tahui bersama bahwa keadaan ekosistem air sekarang sangatlah berbahaya, banyak limbah industri yang dibuang secara brutal ke sungai dan laut. Pilihlah ikan yang segar di pasar atau swalayan.

Kandungan ikan akan tetap tinggi bila Anda memasaknya dengan direbus dan dikukus. Memasak ikan dengan digoreng, diasap dan digoreng akan membuat gizi ikan hilang. Bagi orang indonesia ikan akan sangat enak bila dimakan dengan nasi putih dan sambal.

Itulah 5 makanan sehat untuk pencegahan penyakit insomnia. Sering-seringlah menvariasi menu makanan sehat Anda agar lebih menikmatinya.

Sumber:
http://www.anneahira.com/penyakit-insomnia.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s